Saturday 14 July 2012

Fun Race Jakarta Garden City

Lokasi : Perumahan Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur (1 Mei 2011)

event : Fun Race (funbike dengan menggabungkan jalur road dan XC)

Sebenarnya event ini terselenggara berkat kerjasama antara pihak developer perumahan Jakarta Garden City dengan Komunitas Sepeda Kaskus regional Jakarta Timur yang ditunjuk sebagai Tim pelaksana penyelenggaraan event ini dalam rangka launching komplek perumahan tersebut.

Dengan mengusung tema hunian yang ramah lingkungan, agaknya pihak developer benar-benar jeli dalam melihat segmen pasar yang trend saat ini cenderung menginginkan hunian dengan lingkungan yang masih asri. Oleh karena itulah dalam rangka memperkenalkan kepada pasar maka dibuatlah event funbike dengan konsep yang unik, karena jika biasanya funbike selalu diadakan di rute aspal yang halus, namun kali ini funbike dibuat dengan menggabungkan rute aspal dan rute XC yang khusus diperuntukkan bagi pengguna sepeda jenis MTB, sedangkan untuk pengguna sepeda road atau seli tetap menempuh jalur aspal saja.

Seluruh rute baik itu road dan XC dipersiapkan oleh rekan-rekan dari Komunitas Sepeda Kaskus, mulai dari menentukan rute - mencangkul dan mempersiapkan area XC - membersihkan ilalang - hingga mempersiapkan peralatan medis dan safetynya. Pihak developer hanya membantu dari segi pendanaan, lokasi, dan penyediaan peralatan untuk event tersebut.

Menunggu detik-detik yang mendebarkan


Para peserta mulai berdatangan


Hadiah utama (semua hadiah yang disediakan benar-benar hanya seputar peralatan bersepeda)


Mari ajarkan anak untuk bersepeda sedari kecil sehingga saat besar nanti mereka belajar untuk memelihara lingkungannya


Peserta melalui rute onroad saat awal start


Peserta memasuki medan tanah yang merupakan area pembangunan yang belum selesai


Melintasi tepian danau buatan


Memasuki finish, tetapi ini belum usai karena masih ada pertandingan time trial melalui jalur XC yang khusus diperuntukkan bagi mereka yang telah lolos uji stamina dan scrutineering sepeda


Para peserta time trial bersiap


Yang menarik dalam event ini ada beberapa peserta anak yang berani mencoba rute XC dengan diawasi dan dibantu oleh para marshall dari panitia

Walau masih kecil tapi untuk urusan safety tetap nomer satu (use helmet is a must)



Inilah beberapa peserta yang menjadi "pemandangan" tersendiri dalam fun race ini (terutama bagi panitia untuk mengusir rasa lelah)



Akhirnya event fun race ini berakhir dengan sukses tanpa ada kendala yang berarti, walau masih ada beberapa kekurangan di sana-sini tetapi itu menjadi pengalaman bagi semua terutama panitia dalam mempersiapkan event berikutnya.

Keceriaan diwajah panitia seakan melupakan rasa lelah dalam mempersiapkan event ini


Keceriaan diwajah panitia seakan melupakan rasa lelah dalam mempersiapkan event ini

Semua berawal dari dunia maya yang kemudian dipersatukan karena kesamaan hobby, hingga akhirnya terwujud menjadi sebuah kesatuan layaknya persaudaraan.

Yup karena bersepedalah pada akhirnya saya mempunyai banyak teman-teman baru dan saudara-saudara baru.

"from cyberhood to brotherhood of cyclist"

No comments:

Post a Comment