Thursday 5 January 2023

TEBING BANYUNIBO

Halo sobat Gowes Wisata, kita bertemu lagi di postingan perdana Tahun 2023 yang sebenarnya merupakan late post dari petualangan goweswisata Tahun 2022 yang lalu. 😁


Kali ini saya akan mengulas sedikit tentang spot wisata Tebing Banyunibo yang berada di Dusun Marangan, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Propinsi DI Yogyakarta. Sebenarnya spot kali ini merupakan hasil kunjungan bersepeda iseng-iseng sepulangnya dari Candi Plaosan alias tidak direncanakan sebelumnya, tapi berhubung diperjalanan pulang tiba-tiba terbersit di pikiran kenapa eh kenapa ga coba mampir saja ke tempat ini? toh saya juga belum pernah kesini jadi akhirnya ya sudah deh sekalian saja.


Akses menuju ke Tebing Banyunibo sendiri sebenarnya cukup mudah, jika kalian pernah ke obyek wisata Tebing Breksi atau Candi Ijo, maka tepat sebelum rute menanjak atau setelah melewati Jembatan, nah tepat setelah jembatan tersebut ada jalan masuk ke kiri, kalian tinggal masuk dan ikuti jalan saja, kira-kira sekitar 200 meter kemudian sampailah kalian di spot wisata Tebing Banyunibo, oya rute ini sementara hanya bisa dilalui oleh kendaraan pribadi roda 4 dan roda dua saja ya, sedangkan untuk bus besar rutenya masih belum bisa dilalui.


Tebing Banyunibo sendiri seperti halnya wisata Tebing Breksi dulunya merupakan sebuah tempat penambangan batu kapur (sekarang juga masih ditambang pada beberapa sisinya), bedanya jika di Tebing Breksi pada bagian dindingnya dipahat dengan ukiran dan ornament-ornamen tokoh pewayangan dan ular naga supaya lebih estetik serta lebih tertata dengan adanya berbagai fasilitas pendukung sebuah spot wisata, maka di Tebing Banyunibo bentuknya masih dibiarkan sama sejak dulu.


Dibagian bawah sekeliling Tebing Banyunibo terdapat semacam kolam ikan tampungan air hujan yang terbentuk akibat proses penambangan dan lambat laun seiring waktu mulai menampung genangan air hujan yang tidak bisa meresap kedalam tanah akibat tertahan oleh permukaan batuan keras.



Disekitar Tebing Banyunibo sendiri saat ini sudah dibangun semacam area kuliner, Masjid, Toilet umum, dan gazebo-gazebo yang memungkinkan pengunjung untuk mengadakan acara kumpul-kumpul atau gathering, biasanya pada saat weekend tempat ini cukup ramai dikunjungi oleh komunitas pesepeda lokal dan wisatawan dengan kendaraan jeep yang biasanya merupakan bagian dari paket wisata berkeliling dengan jeep melalui beberapa spot wisata lainnya yang letaknya cukup berdekatan seperti Candi Ijo, Wisata Tebing Breksi, Candi Barong, dan Candi Banyunibo.



Jika kalian sedang mencari spot wisata yang ekonomis dan berdekatan dengan obyek wisata lainnya maka Tebing Banyunibo bisa kalian masukkan kedalam list tujuan karena disini belum ada retribusi alias gratis, setelah dari sini kalian bisa meneruskan perjalanan kalian ke beberapa obyek wisata lainnya yang letaknya berdekatan seperti wisata tebing breksi, Candi Ijo, Keraton Ratu Boko, Spot Riyadi, Candi Barong, Candi Miri dan Candi Banyunibo. Yang pasti tetap ingat untuk selalu menjaga kelestarian dari setiap tempat yang kalian kunjungi ya, selamat ber-Gowes Wisata. 🙂

No comments:

Post a Comment