Wednesday 3 May 2023

EMBUNG PIAT UGM

Minggu, 30 April 2023.

Hi Sobat Gowes Wisata, tak terasa ya 2 bulan telah berlalu tanpa update informasi seputar lokasi wisata di website ini, maklumlah selama Bulan Ramadhan kemarin saya hanya melakukan aktivitas gowes yang ringan-ringan saja mencari takjil hehe… Nah kini setelah lebaran usai saatnya bagi kita untuk mulai pemanasan lagi membakar kolesterol jahat sisa opor ayam dan rendang serta memulihkan stamina termasuk melemaskan persendian yang sempat kaku, ayo yang semangat olahraganya jangan malas.


Untuk rute pemanasan kali ini enaknya sih mencari lokasi yang berjarak sedang saja kali ya, tidak terlalu jauh namun juga ga deket-deket amat, intinya yang penting bisa membiasakan diri lagi melatih refleks dan fleksibilitas postur badan saat bersepeda. Oleh karena itu tujuan kita kali ini adalah menuju ke Embung Piat UGM.



Embung Piat sendiri sebenarnya termasuk lokasi yang cukup baru karena embung ini baru mulai dibangun pada Tanggal 25 Mei 2002 dan selesai atau diresmikan pada Tanggal 20 Desember 2022. Nama Embung Piat sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Pusat Inovasi Agro Teknologi yang dikelola oleh pihak UGM, karena dilokasi ini selain difungsikan menjadi embung juga digunakan menjadi pusat penelitian dan pengembangan inovasi teknologi dibidang agro yang nantinya berguna untuk meningkatkan hasil pertanian.


Embung ini tepatnya berlokasi di Desa Kalitirto, Kapanewon Berbah, Kabupaten Sleman, Propinsi DI Yogyakarta. Akses menuju kelokasi ini juga cukup mudah dan bisa dilalui oleh semua kendaraan, kalian juga bisa melihat rutenya melalui googlemaps dengan keyword “Embung PIAT”,


Dengan mengambil konsep desain dan falsafah dari tokoh pewayangan Semar yang bisa dilihat mulai dari ornamen yang terukir pada gerbang pintu masuk embung hingga bentuk embung itu sendiri jika dilihat dari atas yang berbentuk kepala Semar, fungsi embung ini antara lain dibuat sebagai sarana atau wadah penampungan air baku untuk menunjang ketersediaan air selama musim kemarau yang dibutuhkan bagi lahan pertanian yang ada disekitar lokasi embung ini, selain itu keberadaan embung ini juga menarik minat warga sekitar atau pengunjung umum yang memanfaatkan area lokasi embung ini untuk berwisata dan berolahraga seperti jogging, bersepeda, bermain badminton ataupun sekedar berfoto-foto disekitar embung ini.





Beberapa fasilitas penunjang kegiatan wisata rekreasi pun juga sudah dibuat seperti adanya bangunan Mushalla, toilet umum, kursi-kursi taman, lampu-lampu penerangan bergaya klasik, tempat sampah, jogging track, ayunan, serta kandang rusa yang ada sisi bagian atas embung ini.





Sayangnya untuk masalah kuliner sampai saat ini belum ada tempat makan yang tersedia disekitar embung ini, jika kalian merasa lapar dan ingin mencari makan maka satu-satunya pilihan adalah kalian harus berjalan kaki cukup jauh keluar dari lokasi area embung ini terlebih dahulu menuju ke jalan raya umum dekat Pohon Beringin (kurang lebih sekitar 1-1,5km).


Walaupun begitu jika kalian ingin mencari spot kumpul-kumpul yang asyik atau sekedar berolahraga di pagi hari sembari menghirup udara sekitar yang masih sejuk dan asri maka lokasi Embung PIAT UGM ini cukup menarik dan pas bagi kalian, selain tempatnya bersih, masih banyaknya pepohonan besar yang rindang di sisi jalan dan akses pencapaian yang cukup mudah menjadikan Embung Piat menjadi salah satu spot wisata rekreasi yang cukup menarik, terutama dikalangan pesepeda saat hari Minggu pagi.




Bagi kalian yang ingin berkunjung ke tempat ini yang pasti tetap ingat untuk selalu menjaga kebersihan dari setiap lokasi wisata yang kalian kunjungi ya, jadilah wisatawan yang cerdas dan beretika, nah selamat berwisata. 🙂

No comments:

Post a Comment