Monday 9 July 2018

PUNCAK SOSOK

07 Juli 2018,
Masih dalam edisi mencari spot-spot wisata baru di Kabupaten Bantul, nah kali ini petualangan goweswisata.com akan mengulas Puncak Sosok, yaitu sebuah spot wisata alam yang berada tidak jauh dari lokasi wisata Puncak Gebang yang sudah lebih dulu terkenal itu

Lokasi dari Puncak Sosok sendiri tepatnya berada di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Propinsi DI Yogyakarta. Jika sebelumnya kalian sudah pernah mengunjungi obyek wisata Puncak Gebang, maka untuk menuju ke Puncak Sosok ini kalian hanya tinggal berjalan sekitar 1 km kearah Utaranya saja

Peta lokasi Puncak Sosok

Kami mengawali perjalanan kali ini dengan start dari Basecamp Gowes Wisata sekitar pukul 7 pagi WIB menuju ke arah Selatan melewati Kantor PLN Gedongkuning dan masih terus ke Selatan menuju Kotagede sampai tiba di pertigaan Pasar Kotagede, dari pertigaan Pasar Kotagede tersebut kami lalu berbelok ke kiri (Timur) hingga tiba di perempatan Traffic light ringroad, dari perempatan ringroad kami masih terus mengarah ke Timur melewati Kantor Kecamatan Banguntapan sampai nantinya berbelok ke kanan (Selatan) pada sebuah pertigaan dimana jika kalian mengambil arah yang lurus maka akan mengarah ke Pasar Ngipik dan Embung Potorono.

Setelah berbelok ke kanan (Selatan) tersebut kalian hanya tinggal lurus saja mengikuti jalan Utama (Jalan Pleret) menuju ke arah Desa Bawuran, nantinya kalian akan melewati jembatan, dan tidak jauh dari jembatan tersebut kalian akan melihat sebuah perempatan, dari sini kalian masih terus lurus saja kearah Wonolelo, sesampainya di pertigaan yang menunjukkan arah Piyungan atau Wonolelo kalian ikuti jalan yang mengarah ke Wonolelo, terus saja sampai nantinya kalian melihat sebuah tebing yang sedang di tambang di sisi kiri kalian, sebenarnya disitu ada sebuah jalan masuk namun untuk lebih mudahnya maka kalian bisa terus sedikit ikuti jalan utama sampai melewati jembatan kecil dan jika kalian melihat Gudang pakan ternak UD. Tani Makmur disisi kiri jalan, maka tepat disampingnya ada sebuah komplek makam warga dan ada jalan masuk disampingnya, nah kalian bisa masuk melalui jalan tersebut, menyeberangi jembatan lagi lalu ambil arah ke kiri hingga tiba di pertigaan, dari situ kalian ambil yang ke kanan dan ikuti saja penunjuk jalan yang ada

Oya kondisi rute jalan menuju ke Puncak Sosok ini hanya bisa dilalui oleh satu buah kendaraan roda empat saja, sehingga jika kalian menggunakan mobil dan berpapasan maka salah satunya harus mengalah, namun supaya aman maka saya menyarankan untuk tidak menggunakan kendaraan roda 4, lebih baik kalian menggunakan kendaraan roda dua saja, untuk konturnya sendiri tentu saja dipastikan menanjak (namanya saja spot wisata Puncak Sosok), walaupun derajat kemiringannya tidak separah tanjakan obyek wisata Tebing Breksi namun tetap saja melelahkan bagi pesepeda, terlebih jalurnya sendiri juga lebih sempit dan sedikit berpasir

Setelah banyak adegan gowes ngicik dikombinasi dengan mendorong sepeda akhirnya kami sampai juga di lokasi wisata Puncak Sosok. Biasanya lokasi ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan pada akhir pekan, waktu terbaik untuk berkunjung ke spot wisata Puncak Sosok ini biasanya pada Sore hari karena dari atas ketinggian tempat ini kalian bisa menikmati indahnya pemandangan matahari yang mulai terbenam alias sunset

Sementara ini belum ada biaya retribusi resmi yang dikenakan untuk masuk ke lokasi ini, namun kalian bisa membantu warga sekitar dalam mengembangkan fasilitas disekitar lokasi dengan menyumbang seikhlasnya melalui kotak amal yang berada di depan area.

Upaya pengembangan dan pembenahan fasilitas pendukung disekitar lokasi wisata Puncak Sosok ini sampai sekarang masih terus dilakukan oleh warga sekitar, sejauh ini beberapa fasilitas pendukung yang telah tersedia di lokasi ini adalah pembangunan 3 buah Gazebo, 3 buah permainan jungkat-jungkit, 3 buah ayunan, beberapa kursi taman, Mushalla, 3 buah toilet umum, tempat-tempat sampah yang tersebar dibeberapa titik sekitar lokasi, kereta api mini untuk anak, Taman Kelinci dimana anak bisa belajar memberi makan langsung dan berinteraksi dengan kelinci, beberapa rumah burung merpati, layar besar untuk menikmati pertunjukan, beberapa warung-warung makan, spot foto dan stage act di pinggir tebing yang terbuat dari bambu, serta starting ramp untuk kegiatan bersepeda Downhill

Starting Ramp yntuk bersepeda Downhill

Kereta api mini untuk anak

Warung-warung makanan yang tersedia

Rumah-rumah burung merpati

Permainan jungkat-jungkit

Permainan ayunan

Spot foto di pinggir tebing

Tampak TPA Piyungan di bagian bawah spot Puncak Sosok

Dengan konsep sebuah Taman Hiburan Alam maka spot wisata Puncak Sosok ini sangat cocok untuk dijadikan salah satu pilihan tempat wisata bersama keluarga, hanya saja karena lokasinya yang berada di ketinggian dan merupakan area tebing maka pengawasan dari para orangtua kepada buah hatinya saat sedang rekreasi tetap mutlak diperlukan supaya semua pihak bisa merasa aman dan nyaman dalam menikmati suasana di tempat ini.

Nah sekarang bertambah lagi kan daftar destinasi pilihan liburan kalian selama di Yogyakarta, selamat berlibur dan tetap ikuti dan terus support petualangan goweswisata kami ya dengan cara mensubsribe dan like channel goweswisata di youtube dan Facebook :)